Labkom

Labkom

Sabtu, 09 Juli 2011

Review Jaringan Komputer

Mendengar kata "Jaringan" di dalam dunia perkomputeran, tak asing lagi dengan LAN, WAN, MAN, WIFI dan lain-lain.
simpelnya Jaringan merupakan sistem yang saling terhubung antar komputer. contohnya saja 1 komputer dengan 1 komputer/lebih menggunakan kabel, di sebut Local Area Network/LAN.
adapula yang tidak menggunakan kabel atau bisa disebut nirkabel, yaitu wifi.
LAN dapat ditemui di Lab-lab komputer. contohnya saja yang sering kita temui di labkom manajemen, labkom statistik, dan labkom akuntansi menggunakan LAN.
sistemnya yaitu 1 server dengan beberapa client. LAN berguna untuk Sharing informasi disuatu tempat tertentu saja.
LAN pun memiliki beberapa topologi/bentuk2.
1. Topologi bus, yang dapat di gambarkan dengan garis lurus. di mana di sisi kanan dan kiri garis tersebut terdapat komputer yang saling terhubung. dan garis itu sebenarnya adalah penghubungnya/kabel.
2.Topologi ring, seperti namanya ring. berarti dapat kita bayangkan posisi komputer-komputer itu melingkar
3.Topologi bintang, jaringan ini membentuk suatu formasi bintang
4.Topologi pohon, pohon itu bercabang. jadi kita bisa membayangkan jaringan setiap komputer memiliki cabang-cabang. disetiap cabang di pasang Hub.
5.Topologi Mesh, jaringan yang tidak beraturan. sepertinya jaringan ini hanya dipakai ditempat yang kurang perencanaan.

sekarang Jaringan Wifi sangat mudah kita jumpai. pasalnya kebanyakan disetiap restoran atau tempat nongkrong memberikan fasilitas Wifi. di universitas padjadjaran pun memakai Wifi di setiap gedungnya. hal ini membuat kemudahan untuk mengakses internet dimanapun.
Wifi memancarkan jaringannya, tentu terbatas. faktor gedung, angin,tembok dan user pengguna wifi menjadi faktor penentu mendapatkan sinyal wifi yang kencang.
semakin jauh dengan router/pemancar wifi, semakin lemah juga koneksinya.
semakin banyak pengguna wifi, semakin terbagi juga koneksinya yang mengakibatkan setiap user mendapatkan jatah koneksi yang terbatas.
tetapi, jika kita sangat dekat dengan sumbernya, dan hanya kita saja yang menggunakan fasilitas wifi, koneksi kecepatan internet akan terasa sangat cepat.
jadi jika menginginkan koneksi internet menggunakan wifi yang sangat cepat, haruslah melihat kondisi disekitar kita, penuh atau kosong pengguna internetnya.

Jadi intinya, Jaringan merupakan sebuah fasilitator untuk terhubung dan sharing. apakah itu menggunakan kabel ataupun nirkabel.
masing-masing cara mempunyai kelebihan dan kekurangan.
jika menggunakan kabel, tempatnya tidak fleksibel [jika menggunakan laptop] atau kaku, tapi relatif koneksinya cepat.
jika menggunakan nirkabel, bisa mobile, tidak terpaku oleh tempat. tetapi koneksi akan tersendat jika terlalu jauh ataupun banyak user wifi.

0 komentar:

Posting Komentar